Resep Soto Ayam Paling Enak yang Pernah Ada

Soto ayam merupakan makanan idaman bagi setiap masyarakat Indonesia, resep soto ayam juga banyak yang sudah mengetahuinya karena mudah sekali dibuat. Hampir seluruh masyarakat Indonesia pernah mencoba masakan soto ayam ini, baik itu di luar maupun didalam pulau jawa. Karena memang sudah banyak juga penjual soto ayam di berbagai wilayah, seperti di Lamongan. Resep soto ayam lamongan memang paling banyak diminati karena mereka menggunakan bumbu rahasia keluarga sehingga rasa soto sangat lezat.

Resep Soto Ayam Bening

Di Makasar, soto biasa disebut dengan coto. Hal ini dikarenakan coto Makasar memang memiliki kuah yang berbeda dari pada soto. Sehingga tidak heran banyak juga yang suka dengan coto Makasar. Tidak hanya di Makasar, ternyata di Pekalongan itu soto juga disebut tauto. Ini semua dikarenakan makanan Soto sudah tersebar di hampir seluruh daerah di Indonesia. Sehingga setiap daerah memiliki keunikan rasa dan penyajian soto ayam maupun soto sapi tersendiri. Itulah mengapa resep soto ayam tiap daerah pasti berbeda-beda, karena ya memang soto ini dibuat dengan ke khasan makanan daerah tersebut.

Soto ayam di daerah pulau jawa, lebih banyak yang pakai resep soto ayam bening. Sedangkan di luar pulau jawa lebih suka pakai resep soto ayam kuah santan. Karena ya tentu saja tiap daerah memiliki cita rasa yang berbeda. Jadi jika kamu berkunjung ke setiap daerah di Indonesia, jika membeli soto dari daerah yang berbeda pasti memiliki rasa yang khas tiap daerahnya. Nah untuk kamu yang mau membuat soto ayam sendiri, berikut adalah resep soto ayam paling enak. Kamu bisa menambahkan beberapa sajian lainnya untuk berkreasi dengan rasa soto yang kamu buat.

Resep Soto Ayam

Resep Soto Ayam
Soto Ayam
Bahan:

1/2 daging dada ayam, tanpa kulit dan deboned (potong menjadi kubus kecil)
1 tangkai serai (potong menjadi 3 strip)
1 kaleng santan
1 kaleng kaldu ayam
1 gelas air putih

Pasta rempah

1 sendok teh biji ketumbar
1 sendok teh biji jintan
4 bawang merah (cincang)
3 siung bawang putih (cincang)
2 buah kunyit (kupas dan cincang) atau 1 sendok makan bubuk kunyit
sepotong 2 inci lengkuas (kupas dan iris)
2- Inci jahe (dikupas dan diiris)
1 sendok makan air jeruk nipis segar

Bahan – bahan lainnya:

2 cangkir irisan kubis
2 cangkir tauge
1/2 pak bihun atau 1 paket kecil soun
2 limau, potong-potong
2 telur rebus (potong menjadi wedges)
1 batang daun bawang (cincang)

Metode:

Blender pasta bumbu dalam pengolah makanan. Tambahkan air jika dibutuhkan. Tuangkan sedikit minyak ke dalam panci dan tambahkan pasta bumbu. Aduk pasta bumbu dan tunggu hingga warnanya menjadi coklat muda. Tambahkan kaldu ayam, santan, strip lemon grass, dan air. Setelah kaldu mulai mendidih, tambahkan dada ayam yang sudah dipilih. Tutup panci dan nyalakan api lalu didihkan selama 30 – 40 menit. Kemudian tambahkan garam secukupnya.

Blanch beansprouts, bihun pre-weted / glass noddles, kubis di panci lain yang berisi air mendidih dan tuangkan ke dalam mangkuk setelah dimasak. Tambahkan topping telur rebus, cincang daun bawang dan tuangkan kaldu ayam panas ke dalam mangkuk. Sajikan panas dengan potongan jeruk nipis biar lebih segar.

Jika kamu hendak membuat soto ayam lamongan, silakan memakai resep soto ayam lamongan berikut ini agar bisa memiliki cita rasa yang paling enak.

Resep Soto Ayam Lamongan

Resep Soto Ayam Lamongan
Soto Ayam Lamongan
Bahan
  • 1 ayam, potong 4-8 buah
  • 1 liter air
  • 3 cengkeh (Indonesia: cengkeh)
  • 2 sendok teh garam, atau secukupnya
Menggiling berikut ke pasta bumbu
  • 5 bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 6 kemiri (bahasa indonesia: kemiri)
  • 2 inci jahe, kupas
  • 1 inci lengkuas (Indonesia: lengkuas), kupas
  • ½ sendok teh lada hitam
  • 1 sendok teh bubuk kunyit (bahasa Indonesia: kunyit)
  • 1 sendok teh bubuk ketumbar (bahasa indonesia: ketumbar)
Saus sambal
  • 10 cabai rawit
  • 1 sendok makan air minum
  • ½ sendok teh cuka
  • ½ sendok teh garam
Garnishes
  • 50 gram bihun, rebus sebentar selama 1-2 menit
  • 50 gram kubis parut
  • 2 tangkai daun bawang, cincang halus
  • 2 sendok makan bawang merah goreng
  • 4 telur rebus
  • 4 kaffir kapur
  • Kerupuk udang
Instruksi
  1. Tambahkan ayam dan air ke dalam panci. Didihkan, kurangi panas, dan biarkan mendidih selama 10 menit.
  2. Angkat ayam dari panci, sisihkan hingga dingin, lalu lepaskan kulit dan tulang dari ayam dan bagi daging ayam menjadi 4 porsi.
  3. Dalam penggorengan, panaskan 2 sendok makan minyak dan aduk pasta bumbu, cengkeh, dan garam sampai harum, sekitar 2-3 menit.
  4. Pindahkan bumbu pasta kembali ke pot yang berisi kaldu ayam dan didihkan kembali. Kurangi panas dan biarkan mendidih selama 20 menit. Cicipi dan atur garam dan merica sesuai kebutuhan.
Saus sambal
  1. Rebus cabai sampai lunak, sekitar 10 menit. Tiriskan cabai, lalu potong halus dan campurkan dengan bahan lainnya. Perhatikan bahwa cabe Thailand bisa sangat panas, jadi beberapa bibit harus dilepas untuk mengurangi tingkat kepedasan.
Pasang dan Sajikan
  1. Siapkan 4 mangkuk, tambahkan ke dalam setiap mangkuk beberapa mie kaca, beberapa koloni robek, 1 porsi daging ayam, 1 telur rebus, 1 kaffir kapur, hiasi dengan daun bawang cincang, bawang merah goreng, dan kerupuk udang.
  2. Tuangkan sekitar 1 cangkir kaldu ayam ke mangkuk lain per orang.
  3. Tepat sebelum menggali, peras jeruk nipis, tambahkan sup ke dalam mangkuk dengan nasi dan ayam, dan tambahkan sedikit atau sebanyak cabai ke setiap pilihan.
  4. Untuk membuat makanan yang lebih banyak, cukup umum untuk menyajikannya dengan semangkuk beras putih yang mengepul.

Nah untuk kamu yang mau membuat soto ayam kuah santan, bisa pakai resep soto ayam santan dibawah ini agar bisa ngepas rasa soto dan santannya.

Resep Soto Ayam Santan

Resep Soto Ayam Santan
Soto Ayam Santan
Bahan:
  1. 2 ekor ayam betina utuh (tulang-dalam) 2 bawang merah besar
  2. 5 bawang putih
  3. 2in jahe
  4. 4-rempah-rempah (1 biji adas bintang, 3 cengkeh, 3 batang kayu manis & batang kayu 1 inci)
  5. Dibilas 5 gelas air
  6. 1/3 cangkir santan
  7. Garam dan gula secukupnya
  8. 5 sdm minyak sayur
Metode:
  1. Bawang bawang, bawang putih dan jahe di blender.
  2. Dalam panci, panaskan minyak dan tambahkan 4 bumbu sampai harum. Tambahkan bahan giling dan aduk terus sampai harum.
  3. Tambahkan air dan ayam, biarkan mendidih. Sekitar 30 menit.
  4. Angkat ayam dan biarkan dingin.
  5. Tambahkan santan ke dalam panci bersama dengan garam dan gula secukupnya. Jika perlu, tambahkan secangkir air lagi.
  6. Sementara itu, cabut daging ayam dan tambahkan kembali ke dalam pot bersama-sama dengan tulang-tulangnya. Biarkan mendidih selama 15-20 menit lagi. Sajikan panas dengan nasi / nasi impit (potong menjadi kubus berukuran gigitan) atau sohun dan tauge.
Soto Ayam Bening
Soto Ayam Bening

Itulah resep soto ayam yang menurut saya paling enak, mulai dari soto ayam lamongan, soto ayam kuah bening dan soto ayam santan. Dari resep soto ayam diatas, kamu bisa berkreasi sendiri menggunakan bumbu tambahan sehingga rasa sotonya dapat sesuai dengan selera kamu. Jadi selamat mencoba membuat soto ayam, jangan lupa perhatikan air yang digunakan pada soto agar bisa ngepas rasa sotonya dan tidak terasa tawar saat dimakan. Karena biasanya untuk para pemula yang baru membuat soto pasti rasa kuahnya akan tawar. Terima kasih sudah berkunjung, baca juga resep lainnya mengenai masakan soto ayam di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!